RPP B.Perancis SMA kelas XII semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS XII SEMESTER 2 PROGRAM PILIHAN

Tugas ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Perencanaan Pembelajaran semester 6 dengan dosen pengempu mata kuliah Dr. Hj. Tri Indri Hardini, M.Pd.

 

 Oleh :

Fradila Yusnita 0906362

Lina Apriyani  0900542

Patria Hertana  0906802

Riki Mulyana  0907349

Setyo Nugroho  0906013

Senna Rahma A 0906531

PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS

FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

              Satuan Pendidikan                         : SMA

               Mata Pelajaran                               : Bahasa Perancis

               Kelas/Semester                                        : XII/2

               Keterampilan yg Difokuskan      : Berbicara, membaca dan Menulis

               Alokasi Waktu                                : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi

Ø  Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang wisata.

Ø  Membaca

Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang wisata.

Ø  Menulis

Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentu paparan atau dialog sederhana tentang wisata.

Kompetensi Dasar

Ø  Berbicara

Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dan nyaring dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat.

Ø  Membaca

1.    Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat.

2.    Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana.

3.    Membaca nyaring klata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat.

Ø  Menulis

Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.

Indikator

1.    Kognitif

A.    Produk

ü  Berbicara

a.    Menirukan ujaran tentang wisata dengan tepat.

b.    Menyampaikan informasi umum tentang wisata.

ü  Menulis

a.    Menulis kata-kata/frasa/kalimat seputar wisata dengan tepat.

ü  Membaca

a.    Menentukan tema wacana tulis.

b.    Menentukan informasi umum/tema dari wacana tertulis.

c.    Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis.

d.   Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tertulis.

B.     Proses

ü  Berbicara

Menyampaikan informasi umum tentang wisata: l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.

ü  Menulis

Menulis kata-kata/frasa/kalimat seputar wisata dengan tepat: l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.

ü  Membaca

a.    Membaca kata-kata/frasa, kalimat seputar wisata dengan tepat: l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.

b.    Menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar wisata: l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.

2.    Afektif (mengembangkan perilaku sosial dan berkarakter)

Ø  Memiliki kepercayaan diri dalam berekspresi secara lisan di depan kelas.

Ø  Memiliki kemampuan dalam mengapresiasi tempat wisata.

Ø  Menimbulkan perasaan tertarik terhadap tempat-tempat wisata.

3.    Psikomotor

Menginformasikan secara singkat tentang wisata: l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.

Tujuan Pembelajaran

1.    Kognitif

C.    Produk

ü  Berbicara

a.    Siswa mampu menirukan ujaran tentang wisata dengan tepat.

b.    Siswa mampu menyampaikan informasi umum tentang wisata.

ü  Menulis

a.    Siswa mampu menulis kata-kata/frasa/kalimat seputar wisata dengan tepat.

ü  Membaca

a.    Siswa mampu menentukan tema wacana tulis.

b.    Siswa mampu menentukan informasi umum/tema dari wacana tertulis.

c.    Siswa mampu menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis.

d.   Siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tertulis.

D.    Proses

ü  Berbicara

Siswa mampu menyampaikan informasi umum tentang wisata: l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.

ü  Menulis

Siswa mampu menulis kata-kata/frasa/kalimat seputar wisata dengan tepat: l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.

ü  Membaca

a.    Siswa mampu membaca kata-kata/frasa, kalimat seputar wisata dengan tepat: l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.

b.    Siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar wisata: l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.

2.    Afektif (mengembangkan perilaku sosial dan berkarakter)

Ø  Siswa mampu memiliki kepercayaan diri dalam berekspresi secara lisan di depan kelas.

Ø  Siswa mampu memiliki kemampuan dalam mengapresiasi tempat wisata.

Ø  Siswa mampu menimbulkan perasaan tertarik terhadap tempat-tempat wisata.

3.    Psikomotor

Siswa mampu menginformasikan secara singkat tentang wisata: les objets touristiques, les transports, les villes et les genres d’objets.

Materi Pembelajaran

Suumber: http://www.notrebellefrance.com

            Pour visiter les objets touristiques, vous pouvez prendre ces transports:

Un métro

Un tramway

Un train

Un bus

Un avion

Un bateau à moteur/voile

Un vélo

Un autobus

Un autocar

Un taxi

Un hélicoptère

Une voiture

Une moto

Un scooteur

Un TGV

Un wagon

Une barque

Etc

Sumber: http://www.youtube.com


Model Pembelajaran

Ø  Model Pembelajaran: Travail Individual

Ø  Pendekatan/Metode/Teknik Pembelajaran

1.    Approche Communicative

2.    Ceramah

3.    Numbered Heads Together

Langkah-langkah Kegiatan

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

Kegiatan Awal (10 Menit)

Ø  Melakukan kegiatan Apersepsi:  Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan wisata.Ø  Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan: menunjukan gambar dan nama-nama tempat wisata. Ø  MenjawabØ  Menyimak

Kegiatan Inti (60 menit)

Ekplorasi

Ø  Menanyakan tempat-tempat wisata secara acak.

Ø  Menampilkan video pendek tempat-tempat wisata di Perancis.

Ø  Membagikan nomor kepada setiap siswa.

Ø  Memberikan tugas kepada setiap siswa untuk menginformasikan satu tempat wisata yang mereka dapatkan.

Ø  Guru memanggil salah satu nomor dari siswa untuk melaporkan hasil penemuan tempat wisata yang mereka temukan.

Elaborasi

Ø  Menjelaskan video pendek tempat-tempat wisata.

Ø  Mengatur setiap siswa untuk mengeucapkan nomor urut mereka.

Ø  Menjelaskan tugas siswa.

Ø  Meminta siswa untuk menjelaskan hasil penemuan tempat wisata.

Konfirmasi

Ø  Meminta siswa untuk menjelaskan kembali tempat-tempat wisata.

Ø  Meminta siswa untuk menulis tentang wisata yang diucapkan.

Ø   MenjawabØ   Berkumpul dengan kelompoknya masing-masing

Ø   Menentukan tempat wisata

Ø   Menirukan bersama-sama tempat-tempat wisata

Ø   Berdiskusi

Ø   Menjelaskan hasil diskusi

Kegiatan Penutup (20 menit)

Ø  Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswaØ  Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai bahan pengayaan :    Ø  Menjawab
Ø  Menjawab

KISI-KISI SOAL TERTULIS DAN PENILAIANNYA

Indikator

Nomor Butir Soal dan Nilai

Jumlah Nilai

Bagian 1 + Bagian 2

Bagian 1

Nilai

Bagian 2

Nilai

Mampu menjawab pertanyaan mengenai informasi secara rinci tentang  wisata: les objets touristiques, les transports, les villes, les genres d’objets.

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

5

5

5

5

5

5

5

5

5

5

A

B

C

D

E

F

G

H

I

J

5

5

5

5

5

5

5

5

5

5

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

Total Nilai

100

LEMBAR KERJA SISWA

1.    Associez chacun des objets touristiques suivants avec l’un des genres indiqués!

Les Objets Touristiques

Les Genres

2.    Imaginez et répondez les questions suivantes avec les transports publics différents!

a.       Je prends ____________________ pour aller au Monument Nasional.

b.      Nous prenons ______________________ pour aller à la Tour Eiffel.

c.       Elle prend ________________________ pour visiter la France Miniature.

d.      Ma mère prend ____________________ pour visiter la Bambouseraie de Prafrance.

e.       Ma famille prend _____________________ pour aller à l’Aqualud.

f.       Pierre prend _______________________ pour visiter le Palais des Papes.

g.      Les étudiants prennent _____________________ pour aller au Kawah Putih.

h.      Noémie et moi prenons ______________________ pour visiter le Candi Borobudur.

i.        Mes voisins prennent ______________________ pour aller au Château de Versailles.

j.        Les professeurs prennent ______________________ pour visiter le Musée du Louvre.

KUNCI JAWABAN

Bagian 1:

No

Jawaban

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

D

H

G

I

E

C

A

B

J

F

Bagian 2*:

No

Jawaban

a

b

c

d

e

f

g

h

i

j

Un autobus

Un TGV

Un metro

Un scooteur

Une voiture

Un vélo

Un autocar

Un train

Un bus

Un avion

* Jawaban ini bukan jawaban mutlak, karena sesuai dengan imajinasi dan nalar dari siswa.

LEMBAR PENILAIAN INDIKATOR AFEKTIF

Tujuan: Agar pembelajaran berpusat pada siswa berhasil, antara lain siswa harus aktif dan lebih aktif mengeksplorasi materi yang sedang dibahas. Pengamatan ini akan memusat pada bagaimana cara siswa menginformasikan tentang wisata: l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.

Petunjuk: Amati suatu kelas mulai dari pendahuluan sampai dengan penutup. Guru mengamati siswa secara individu. Setiap 3 siswa, bubuhkan tanda contreng (√) pada perilaku berikut ini yang teramati. Sebagai pengamat, guru berada di dekat satu siswa yang nomornya disebutkan.

Sesuai

Tidak

Aktivitas Siswa

1.      Siswa percaya diri berbicara dan menulis di depan kelas tentang hasil eksplorasinya.
2.      Mampu mengapresiasi tempat-tempat wisata, baik yang berhubungan dengan l’objet touristique, les transports, les villes, les genres d’objets.
3.      Siswa tertarik dan antusias memperhatikan tempat-tempat wisata yang diinformasikan oleh guru dan siswa lainnya.

Pengamat

(                              )

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s