RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS XI SEMESTER 2 PROGRAM PILIHAN
Laporan
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Perencanaan Pembelajaran semester VI dengan dosen pembimbing Dr.Hj. Tri Indri Hardini, M.Pd.
Kelompok 4
Chepy Supriyadi 0907074
Eka Sasanova 0902518
Novi Hernawati 0903984
Nurul Amalia Shadriana 0906271
Vina Sinaga 0900214
Yuliani Hajiminawati 0906741
PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SatuanPendidikan : SMA
Kelas/Semester : XI/2
Program : Pilihan
Mata pelajaran : Bahasa Perancis
Tema Pelajaran : Kehidupan Sehari-hari
Keterampilan yg difokuskan : Menulis dan Membaca
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
- Mengungkapkan informasi sederhana secara tulisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan sehari-hari
- Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
Menulis
- Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat (KD 1)
- Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat (KD 2)
Membaca
- Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana (KD 2)
- Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat (KD 3)
Indikator
I. Kognitif
A. Produk
Menulis
§ Menyampaikan informasi umum tentangKehidupan Sehari-hari
§ Menulis wacana singkat tentang Kehidupan Sehari-hari
Membaca
§ Menentukantema dari wacanatulis.
§ Menjawabpertanyaanmengenaiinformasitertentu dari wacanatulis
§ Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
B. Proses
Menulis
- Menyampaikan informasi secara rinci tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs , les acivités de la famille.
- Menuliskan wacana singkat tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs , les acivités de la famille.
Membaca
- Menjawabpertanyaanmengenaiinformasisecara rinci tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs ,lesacivités de la famille. Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat tentangKehidupan Sehari-hari :les acivités quotidiennes,les loisirs , les acivités de la famille.
II. Afektif (mengembangkanperilakusosialdanberkarakter)
- Mengungkapkan Kehidupan Sehari-hari dengan santun dan baik
- Memilikikepercayaandiriuntukberekspresisecaratulisan
- Melakukan dialog sederhana tentang KehidupanSehari-haridengan baik dan benar
III. Psikomotor
- Mengungkapkan Aktivitas Sehari-hari orang lain (teman, keluarga, orang terkenal, dll) :les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille. Melakukan dialog sederhana tentang Aktivitas Sehari-hari : les acivités quotidiennes,les loisirs, les acivités de la famille.
TujuanPembelajaran
I. Kognitif
A. Produk
Menulis
§ Siswamampu menyampaikan informasi umum tentang Kehidupan Sehari-hari.
§ Siswa mampu menulis wacana singkat tentang Kehidupan sehari-hari terutama kegiatan di waktu senggang.
Membaca
§ Siswamampumenentukantema dari wacanatulis.
§ Siswamampumenjawabpertanyaanmengenaiinformasitertentu dari wacanatulis.
§ Siswa mampu membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat.
- Proses
Menulis
- Siswa mampu menyampaikan informasi secara rinci tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs , les acivités de la famille.
- Siswa mampu menuliskan wacana sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs, l’heure, les acivités de la famille.
Membaca
- Siswamampumenjawabpertanyaanmengenaiinformasisecara rinci tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.
- Siswamampumembaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les acivités de la famille.
C. Afektif (mengembangkanperilakusosialdanberkarakter)
- Siswamampumengungkapkan kebiasaan sehari-hari denganbaik dan santun.
- Siswamemilikikepercayaandiriuntukberekspresisecaratulisan.
- Siswa mampu melakukan dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari dengan baik dan benar.
IV. Psikomotor
- Siswamampu mengungkapkan kebiasaan sehari-hari orang lain (teman, keluarga, saudara, orang terkenal, dll) : les acivités quotidiennes, les loisirs,les acivités de la famille.
- Siswa mampu menuliskan wacana sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.
MateriPelajaran
UNE JOURNÉE DIFFICILE
Bonjour, comment tu t’appelles?
– Je m’appelle Marie
Qu’est-ce que tu fais? Quand c’est la grève des bus?
– Je suis élève au collège, et quand c’est la grève, je vais à l’écoleà pied. Je me lève à six heures du matin!
– Je me couche à dix heures du soir, alors je suis fatiguée à l’école.
En général tu te lèves a quelle heure le matin?
– Je meléve à sept heures, je me lave, je prends mon petit déjeuner et je pars à huit heures moins le quart. Mais avec la grève, je pars à sept heures!!! C’est très tôt!
Par Zoe et Thomas
Model Pembelajaran
- Model Pembelajaran : TravailindividueldanCooperative Learning
- Pendekatan/Metode/TeknikPembelajaran
o Approche communicative
o Présentation
Langkah-LangkahKegiatan
Kegiatan Guru | KegiatanSiswa |
KegiatanAwal (10 menit) | |
|
- menyimak
KegiatanInti (60 menit)
- Eksplorasi
o Membagi kanteks
o Meminta siswa mencermati teks
o Menanyakan tentang jam dan waktu
o Menanyakan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan teks yang akandibahas
- Elaborasi
o Membaca teks secara keseluruhan
o Membaca teks per kalimat
o Menanyakan les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.
o Menanyakana ktivitas dalam kehidupan sehari-hari siswa : les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.Meminta siswa untuk mengungkapkan aktivitas sehari-hari.
- Konfirmasi
o Meminta siswa menuliskan aktivitas sehari-hari orang lain (teman, keluarga, orang terkenal,dll), mengungkapkan jam dan waktu
- menerima teks
- mencermati teks
- menjawab setelah berdiskusi dengan teman sebangku
- meniruka bersama-sama
- menirukan secara individual
- menjawab pertanyaan sesuai dengan teks
- menjawab pertanyaan sesuai dengan aktivitas sehari-harinya
- mengungkapkan aktivitas sehari-hari
- menuliskan aktivitas sehari-hari orang lain (teman, keluarga, saudara, orang terkenal,dll)
KegiatanPenutup (20 menit)
- Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa.
- Menanyakanungkapan-ungkapanyang menyatakan waktu, jam dan aktivitas sehari-hari: les acivités quotidiennes,les loisirs, les acivités de la famille.
- Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai bahan remidi/pengayaan :
Menugaskan siswa menggunakan ICT sebagai sarana untuk mencari informasi tentang aktivitas sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.
- Menjawab
- Menggunakan ICT sebagai sarana untuk mencari informasi tentang Kehidupan Sehari-hari orang lain: les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.
Evaluasi
1. Tes tertulis : questions à réponses courtes
2. Mengkonjugasikan kata kerja pronominal
3. Tes tertulis : membuat tabel kegiatan sehari-hari
SOAL
1. A ton avis, qui est la personne interviewée?
2. En général, à quelle heure se lève Marie?
3. Qu’est-ce qu’elle fait à huit heures moins le quatre en général?
KUNCI JAWABAN
1. Elle est une élève.
2. Elle se lève en general à sept heures.
3. Elle part à l’école.
SumberPembelajaran
1. Le MAG’1 : Méthode de Français
KISI-KISI SOAL TERTULIS DAN PENILAIANNYA
Indikator |
Nomor Butir Soal |
Skor |
Mampu menjawab pertanyaan mengenai informasi secara rinci tentang Kehidupan Sehari-hari : les loisirs, l’heure, l’heure officielle, les moments de la journée, les verbes pronominaux |
1 2 3 4 5 |
1 1 1 1 1 |
Lembar Kerja Siswa
UNE JORNÉE DIFFICILE Bonjour, comment tu t’appelles? – Je m’appelle Marie Qu’est-ce que tu fais? Quand c’est la grève des bus? – Je suis élève au collège, et quand c’est la grève, je vais à l’école à pied. Je me lève – Je me couché à dix heures du soir, alors je suis fatiguée à l’école. En général tu te lèves à quelle heure le matin? – Je me lève à sept heures, je me lave, je prends mon petit déjeuner et je pars à huit Par Zoe et Thomas |
A.Repondez les questions suivantes sur le document!
(Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan teks diatas!)
1. À ton avis, qui est la personne interviewée?
2. En général, à quelle heure se lève Marie?
3. Qu’est-ce qu’elle fait à huit heures moins le quatre en général?
B. Conjuguez les formes du verbe se lever!
(Konjugasikan bentuk kata kerja se lever!)
Je… nous…
Tu… vous…
Il/elle/on… ils/elles…
C. Associez les images ci-dessous avec les activités convient!
(Jodohkan gambar-gambar di bawah ini dengan aktivitas yang sesuai!)
a. Il se couche
b. Il prend son petit déjeuner
c. Il se lève
d. Elle mange avec sa famille
e. Il se lave
f. Elle prend le bus
D. Écrivez vos activités quotidiennes!
(Tuliskan kegiatan anda sehari-hari!)
L’heure |
Les activités |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|