RPP B. Perancis SMA kelas XI semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KELAS XI SEMESTER 2 PROGRAM PILIHAN

Laporan

Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Perencanaan Pembelajaran semester VI dengan dosen pembimbing Dr.Hj. Tri Indri Hardini, M.Pd.

 

Kelompok 4

Chepy Supriyadi                           0907074

Eka Sasanova                                0902518

Novi Hernawati                             0903984

Nurul Amalia Shadriana              0906271

Vina Sinaga                                   0900214

Yuliani Hajiminawati                   0906741

PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS

FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SatuanPendidikan                    :  SMA

Kelas/Semester                                 :  XI/2

Program                                      :  Pilihan

Mata pelajaran                           :  Bahasa Perancis

Tema Pelajaran                          Kehidupan Sehari-hari

Keterampilan yg difokuskan   :  Menulis dan Membaca

Alokasi waktu                             :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi :

  • Mengungkapkan informasi sederhana secara tulisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan sehari-hari
  • Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar     :

Menulis

  • Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat (KD 1)
  • Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat (KD 2)

Membaca

  • Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana (KD 2)
  • Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat (KD 3)

Indikator

I.             Kognitif

A.       Produk

Menulis

§ Menyampaikan informasi umum tentangKehidupan Sehari-hari

§ Menulis wacana singkat tentang Kehidupan Sehari-hari

                                                                                               

Membaca

§  Menentukantema dari wacanatulis.

§  Menjawabpertanyaanmengenaiinformasitertentu dari wacanatulis

§  Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat

B.        Proses

        Menulis

  • Menyampaikan  informasi secara rinci tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs , les acivités de la famille.
  • Menuliskan wacana singkat tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs , les acivités de la famille.

Membaca

  • Menjawabpertanyaanmengenaiinformasisecara rinci tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs ,lesacivités de la famille. Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat tentangKehidupan Sehari-hari :les acivités quotidiennes,les loisirs , les acivités de la famille.

II.             Afektif  (mengembangkanperilakusosialdanberkarakter)

  • Mengungkapkan Kehidupan Sehari-hari dengan santun dan baik
  • Memilikikepercayaandiriuntukberekspresisecaratulisan
  • Melakukan dialog sederhana tentang KehidupanSehari-haridengan baik dan benar

III.             Psikomotor

  • Mengungkapkan Aktivitas Sehari-hari orang lain (teman, keluarga, orang terkenal, dll) :les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille. Melakukan dialog sederhana tentang Aktivitas Sehari-hari : les acivités quotidiennes,les loisirs, les acivités de la famille.

TujuanPembelajaran

I.                Kognitif

A.    Produk

Menulis

§ Siswamampu menyampaikan informasi umum tentang Kehidupan Sehari-hari.

§ Siswa mampu menulis wacana singkat tentang Kehidupan sehari-hari terutama kegiatan di waktu senggang.

Membaca

§  Siswamampumenentukantema dari wacanatulis.

§  Siswamampumenjawabpertanyaanmengenaiinformasitertentu dari wacanatulis.

§  Siswa mampu membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat.

  1. Proses

            Menulis

  • Siswa mampu menyampaikan informasi secara rinci tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs , les acivités de la famille.
  • Siswa mampu menuliskan wacana  sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs, l’heure, les acivités de la famille.

Membaca

  • Siswamampumenjawabpertanyaanmengenaiinformasisecara rinci tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.
  • Siswamampumembaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les acivités de la famille.

C. Afektif (mengembangkanperilakusosialdanberkarakter)

  • Siswamampumengungkapkan kebiasaan sehari-hari denganbaik dan santun.
  • Siswamemilikikepercayaandiriuntukberekspresisecaratulisan.
  • Siswa mampu melakukan dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari dengan baik dan benar.

IV.             Psikomotor

  • Siswamampu mengungkapkan kebiasaan sehari-hari orang lain (teman, keluarga, saudara, orang terkenal, dll) : les acivités quotidiennes, les loisirs,les acivités de la famille.
  • Siswa mampu menuliskan wacana sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.

MateriPelajaran

UNE JOURNÉE DIFFICILE

Bonjour,  comment tu t’appelles?

–          Je m’appelle Marie

Qu’est-ce que tu fais? Quand c’est la grève des bus?

–          Je suis élève au collège, et quand c’est la grève, je vais à l’écoleà pied. Je me lève à six heures du matin!

–          Je me couche à dix heures du soir, alors je suis fatiguée à l’école.

En général tu te lèves a quelle heure le matin?

–          Je meléve à sept heures, je me lave, je prends mon petit déjeuner et je pars à huit heures moins le quart. Mais avec la grève, je pars à sept heures!!! C’est très tôt!

Par Zoe et Thomas

Model Pembelajaran

  • Model Pembelajaran : TravailindividueldanCooperative Learning
  • Pendekatan/Metode/TeknikPembelajaran

o   Approche communicative

o   Présentation

Langkah-LangkahKegiatan

Kegiatan Guru KegiatanSiswa
KegiatanAwal (10 menit)
  • Melakukan kegiatan apersepsi : menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan Kehidupan Sehari-hari
  • Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan : menulis dan membaca tentang Kehidupan Sehari-hari
  • menjawab
  • menyimak

KegiatanInti (60 menit)

  • Eksplorasi

o  Membagi kanteks

o  Meminta siswa mencermati teks

o  Menanyakan tentang jam dan waktu

o  Menanyakan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan teks yang akandibahas

  • Elaborasi

o  Membaca teks secara keseluruhan

o  Membaca teks per kalimat

o  Menanyakan les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.

o  Menanyakana ktivitas dalam kehidupan sehari-hari siswa : les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.Meminta siswa untuk mengungkapkan aktivitas sehari-hari.

  • Konfirmasi

o  Meminta siswa menuliskan aktivitas sehari-hari orang lain (teman, keluarga, orang terkenal,dll), mengungkapkan jam dan waktu

 

  • menerima teks
  • mencermati teks
  • menjawab setelah berdiskusi dengan teman  sebangku
  • meniruka bersama-sama
  • menirukan secara individual
  • menjawab pertanyaan sesuai dengan teks
  • menjawab pertanyaan sesuai dengan aktivitas sehari-harinya
  • mengungkapkan aktivitas sehari-hari
  • menuliskan aktivitas sehari-hari  orang lain (teman, keluarga, saudara, orang terkenal,dll)

KegiatanPenutup (20 menit)

  • Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa.
  • Menanyakanungkapan-ungkapanyang menyatakan waktu, jam dan aktivitas sehari-hari: les acivités quotidiennes,les loisirs, les acivités de la famille.
  • Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai bahan remidi/pengayaan :

Menugaskan siswa menggunakan ICT sebagai sarana untuk mencari informasi tentang aktivitas sehari-hari : les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.

  • Menjawab
  • Menggunakan ICT sebagai sarana untuk mencari informasi tentang Kehidupan Sehari-hari orang lain: les acivités quotidiennes, les loisirs, les acivités de la famille.

 

Evaluasi

1.      Tes tertulis : questions à réponses courtes

2.      Mengkonjugasikan kata kerja pronominal

3.      Tes tertulis : membuat tabel kegiatan sehari-hari

SOAL

1.      A ton avis, qui est la personne interviewée?

2.      En général, à quelle heure se lève Marie?

3.      Qu’est-ce qu’elle fait à huit heures moins le quatre en général?

KUNCI JAWABAN

1.      Elle est une élève.

2.      Elle se lève en general à sept heures.

3.      Elle part à l’école.

SumberPembelajaran

1.         Le MAG’1 : Méthode de Français

KISI-KISI SOAL TERTULIS DAN PENILAIANNYA

Indikator

Nomor Butir Soal

Skor

Mampu menjawab pertanyaan mengenai informasi secara rinci tentang Kehidupan Sehari-hari :    les loisirs, l’heure, l’heure officielle, les moments de la journée, les verbes pronominaux

1

2

3

4

5

1

1

1

1

1

Lembar Kerja Siswa

 

UNE JORNÉE DIFFICILE

Bonjour,  comment tu t’appelles?

–          Je m’appelle Marie

Qu’est-ce que tu fais? Quand c’est la grève des bus?

–          Je suis élève au collège, et quand c’est la grève, je vais à l’école à pied. Je me lève
à six heures du matin!

–          Je me couché à dix heures du soir, alors je suis fatiguée à l’école.

En général tu te lèves à quelle heure le matin?

–          Je me lève à sept heures, je me lave, je prends mon petit déjeuner et je pars à huit
heures moins le quart. Mais avec la grève, je pars à sept heures!!! C’est très tôt!

Par Zoe et Thomas

 

A.Repondez les questions suivantes sur le document!

(Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan teks diatas!)

1.      À ton avis, qui est la personne interviewée?

2.      En général, à quelle heure se lève Marie?

3.      Qu’est-ce qu’elle fait à huit heures moins le quatre en général?

B.     Conjuguez  les formes du verbe se lever!

(Konjugasikan bentuk kata kerja se lever!)

Je…                                                                        nous…

Tu…                                                                       vous…

Il/elle/on…                                                             ils/elles…

C.    Associez les images ci-dessous avec les activités convient! 

(Jodohkan gambar-gambar di bawah ini dengan aktivitas yang sesuai!)

a.       Il se couche

b.      Il prend son petit déjeuner

c.       Il se lève

d.      Elle mange avec sa famille

e.       Il se lave

f.       Elle prend le bus

D.    Écrivez vos activités quotidiennes!

(Tuliskan kegiatan anda sehari-hari!)

L’heure

Les activités

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s