RPP B. Perancis SMA kelas XI semester 1

RPP, PENILAIAN, DAN LKS

KELAS XI SEMESTER 1 PROGRAM PILIHAN

Laporan

Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Perencanaan Pembelajaran semester VI dengan dosen pembimbing Dr.Hj. Tri Indri Hardini, M.Pd.

oleh

 Ananda Dwi Pertiwi                      0906242

Dwinoor Febrian B.                        0907052

Elzycha Alastia Fitri                       0908950

Sindy Pusparasi                              0906657

Triana Budi Utami                          0900193

Yusrina Rachmawati                      0902611

PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS

FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Pertemuan ke 1

Satuan Pendidikan                             :  SMA

Mata pelajaran                                   :  Bahasa Perancis

Kelas/Semester                                    :  XI / 1

Keterampilan yg difokuskan             :  mendengarkan dan menulis

Alokasi waktu                                     :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi :

Berkomunikasi dengan Bahasa Prancis setara Tingkat Dasar 2 DELF A1

Kompetensi Dasar     :

Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga

( l’arbre généalogie )

Indikator

I.                  Kognitif

A.           Produk

Mendengarkan

§  Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa, kalimat) dalam suatu konteks                      dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat.

Menulis

§  Menulis kata-kata yang didengar tentang tema keluarga.

§  Menjodohkan kata-kata yang didengar tentang tema keluarga.

§  Mencocokkan gambar dengan teks pendek yang didengar.

§  Menyusun huruf menjadi kata dari tema teks keluarga yang diperdengarkan

B.            Proses

Mendengarkan

  • Mendengarkan audio yang bertemakan kehidupan keluarga
  • Menyimpulkan kata-kata yang di dengar di dalam audio

Menulis

  • Menulis kata/frasa/kalimat dengan tepat dari  sebuah percakapan kelaurga dalam bentuk l’arbre généalogie.
  • Menjawab pertanyaan tertulis tentang isi kata/frasa/kalimat di dalam percakapan yang di dengar dengan tepat.

II.                   Afektif  (mengembangkan perilaku sosial dan berkarakter)

  • Memiliki kepercayaan diri untuk mendengarkan gaya berbicara penutur asli.
  • Siswa mampu menyusun kata/kalimat yang berkaitan dengan l’arbre genologi.

III.                   Psikomotor

  • Menggunakan media pembelajaran interaktif dengan penuh rasa ingin tahu dan terampil.

Tujuan Pembelajaran

I.              Kognitif

A.           Produk

Mendengarkan

§  Siswa mampu mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa, kalimat) dalam suatu konteks  dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat.

Menulis

§  Siswa mampu mengungkapkan informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari percakapan l’arbre généalogi tertulis dengan tepat.

§  Siswa mampu menulis kata, frasa, dan atau kalimat dalam percakapan l’arbre généalogie secara tepat.

B.           Proses

Mendengarkan

  • Siswa mampu mengidentifikasi bunyi atau ujuran yang diperoleh dari informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari percakapan audio mengenai l’arbre généalogie secara tepat.

Menulis

  • Siswa mampu menjodohkan, mencocokan, dan membedakan kata/frasa/kalimat l’arbre généalogie dengan pelafalan yang tepat dari sebuah percakapan audio yang di dengar secara tepat.

II.                Afektif  (mengembangkan perilaku sosial dan berkarakter)

§  Memiliki kepercayaan diri untuk mendengarkan gaya berbicara penutur asli.

§  Siswa mampu menyusun kata/kalimat yang berkaitan dengan l’arbre généalogie

III.        Psikomotor

  • Siswa mampu menggunakan media pembelajaran interaktif dengan penuh rasa ingin tahu dan terampil.

Materi Pelajaran

Transcription

Julie     : Salut Paul, ça va?

Paul     : Très bien, et toi Julie?

Julie     : Ça va bien, dit moi Paul, tu as des frères ou des sœurs?

Paul     : Oui, j’ai une sœur. Elle s’appelle Élodié. Elle a 6 ans. Mon petit frére s’appelle Jeremy. Il a 1 ans, et toi?

Julie     : J’ai un frère. Il s’appelle Martin. Il a 11 ans. C’est le préféré de maman.

Paul     : Comment s’appelle ta maman?

Julie     : Ma maman s’appelle Caroline. Mon papa s’appelle Simon, et tes parents?

Paul     : Papa s’appelle Phillippe et maman s’appelle Florance.

Julie     : Au revoir Paul!

Paul     : Salut Julie, à bientôt!

Model Pembelajaran

  • Model Pembelajaran : cooperative learning
  • Media pembelajaran : Buku Paket dan Tape/Player,kaset/ CD
  • Pendekatan/Metode/Teknik Pembelajaran

o   Tanya jawab

o   Ceramah

o   Diskusi

Langkah-Langkah Kegiatan

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

Kegiatan Awal (10 menit)

§  Guru bertanya pada siswa, berapa banyak anggota keluarga kalian? siapa sajakah anggota keluarga kalian? lalu guru menuliskannya di papan tulis dalam bahasa Indonesia

§  Guru menyampaikan hasil belajar yang akan diperoleh siswa setelah menyelesaikan pertemuan ini.

  • Menjawab pertanyaan
  • Menyimak penjelasan guru

Kegiatan Inti (70 menit)

  • Eksplorasi

o  Memperdengarkan dialog melalui kaset/CD.

o  Meminta siswa mendengarkan secara serius dan menuliskan informasi yang dianggap penting.

  • Elaborasi

o   Siswa diminta untuk melengkapi kata-kata yang hilang.

o   Memperdengarkan teks/dialog untuk yang kedua kalinya melalui kaset/CD lalu guru menyamakan jawaban siswa dengan meminta beberapa siswa untuk menuliskannya di papan tulis dan mengkoreksi jawaban siswa bersama-sama.

o   Memperdengarkan teks/dialog melalui kaset/CD untuk yang ketiga kalinya dan siswa diminta untuk mencocokkan jawaban dengan teks yang didengarnya.

  • Konfirmasi

o  Meminta siswa mengerjakan soal tertulis pemahaman mendengar yang telah dilaksanakan

  • Mendengarkan audio
  • Mendengarkan kosa kata tentang l’arbre généalogie dan menirukan pelafalan secara bersama-sama
  • Guru meminta siswa melengkapi latihan soal lalu menunjuk 2 atau 3orang  siswa untuk menuliskan jawabanya di papan tulis dan mengkoreksi bersama-sama.
  • Guru meminta siswa mencocokan jawabannya dengan teks yang di dengarnya.
  • Mengerjakan soal tertulis / lks yang diberikan oleh guru

Kegiatan Penutup (10 menit)

  • Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa :

Dialog berpasangan dengan teman sebangku

  • Siswa diberi pekerjaan rumah
  • Dialog
  • Mencatat tugas untuk pertemuan selanjutnya

Evaluasi

1.        Tes audio : evaluasi proses, dilakukan saat KBM berlangsung dengan cara meminta sebagian siswa menyampaikan kta apa yang di dengar di dalam audio yang berkaitan dengan l’arbre généalogie.

2.      Tes tertulis : melengkapi kata/frasa kosong dalam kalimat sederhana tentang l’arbre généalogie.

KISI-KISI SOAL TERTULIS DAN PENILAIANNYA

Indikator

Nomor Butir Soal

Skor

Mampu menjawab pertanyaan mengenai informasi secara rinci tentang anggota keluarga

1

2

3

4

5

1

1

1

1

1

Exercise 1

Complétez les mots manquants!

Julie     : Salut Paul, ça va?

Paul     : Très bien, et toi Julie?

Julie     : Ça va bien, dit moi Paul, tu as ….. ou des sœurs?

Paul     : Oui, j’ai ….. . Elle s’appelle ….. . Elle a 6 ans. ….. S’appelle Jeremy. Il a ….. , et toi?

Julie     : J’ai un frère. Il s’appelle Martin. Il a ….. . C’est le préféré de maman.

Paul     : Comment s’appelle …..?

Julie     : Ma maman s’appelle Caroline. ….. s’appelle Simon, et …..?

Paul     : Papa s’appelle Philippe et maman s’appelle Florance.

Julie     : Au revoir Paul!

Paul     : Salut Julie, …..!

Exercise 2

Repondez les questions!

1.      Combien des personnes qui parle?

2.      Qui sont-ils?

3.      Ils parlent de qoui?

4.      Qui est le frère de Julie?

5.      Qui est Jeremy?

Kunci Jawaban

Exercice 1

1.      Des frères

2.      Une sœur

3.      Élodie

4.      Mon petit frère

5.      1 ans

6.      11 ans

7.      Ta maman

8.      Mon papa

9.      Tes parents

10.  À bientôt

Exercice 2

1.      Il y a deux personnes

2.      Ils sont Julie et Paul

3.      Ils parlent de la famille

4.      Le frère de Julie est Martin

5.      Jeremy est le petit frère de Paul

PEMEROLEHAN NILAI

1.      Tes Lisan

Setiap kalimat bernilai 10 point

10 x 10 point = 100

2.      Tes tertulis

1 Melengkapi teks dari audio 10 Points
2 Menjawab pertanyaan dari teks audio 30 Points
3 Compétence lexicale/orthographe lexicale 20 Points
4 Kemampuan pemahaman teks secara global 20 Points
5 Compétence grammaticale/orthographe grammaticale 20 Points

TOTAL

100 points

Très bien        : 90 – 100  points

Bien                : 80 – 89  points

Assez bien      : 70 – 79  points

Sumber Pembelajaran

www.youtube.com

Je m’appelle Lyn. J’ai 16 ans. Je suis lycénne. J’ai un petit frére, il s’appelle Billy. Billy est un étudiant secondaire. Il a 13 ans. Ma mère s’appelle Susan. Elle est professeur au lycé. Elle a 33 ans. Mon père s’appelle Bob. Il a 35 ans et ll est police. Ma grand-mère s’appelle Anne. Elle a 63 ans. Elle ne travaille plus. Mon grand-père s’appellle George. Il a 70 ans. Il est pension. Ma tante s’appelle Kate et mon oncle s’appelle Phil. Ils sont professeur à l’université. Ils a une fille, elle s’appelle Cindy. Elle a aussi 13 ans.

I.              Vrai ou faux

no phrase vrai faux
1 Anne a deux enfants, ce sont Bob et Phil.
2 Cindy a une grand-mère, elle s’appelle Anne.
3 Kate et Phil a un fils.
4 Billy est cadèt.
5 Phil es un beau-fils d’Anne et George

II.       Retrouve les définitions.

a.       Mes grands-parents                 1. Mon père et ma mère

b.      Mon oncle                               2. Le père et la mère de mon père ou de ma mère

c.       Mes parents                             3. Le fille de mon oncle et ma tante

d.      Ma tante                                  4. Le frère de mon père ou de ma mère

e.       Ma cousin(e)                           5. La soeur de mon père ou de ma mere

Penskoran:

Jumlah benar x 50

20 x 50 = 100

Kunci jawaban

I.                   1.F       2.V      3.F       4.V      5.V

II.                A-2      B-4      C-1      D-5      E-3

III.             1. Ma grand-mère                    6. Mon Oncle

2. Mon grand-père                   7. Ma tante

3. Ma mère                              8. Moi

4. Mon père                             9. Petit frère

5. Ma tante                              10. Cousin

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s