RPP B.Perancis SMA kelas X semester 2

RENCANA PELASANAAN PEMBELAJARAN

SMA ELAS X SEMETER 2

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Bahasa Perancis dengan dosen pengampu mata kuliah Dr. Hj. Tri Indri Hardini, M.Pd.

oleh:

 Anisa NH

Dani Ramdhani

Dwi wulan A

Fahrul AA

Reynaldi Fajrin

JURUSAN pendidikan bahasa perancis

fakultas pendidikan bahasa DAN SENI

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SatuanPendidikan                          :  SMA

Mata pelajaran                                :  BahasaPerancis

Kelas/Semester                                         :  X/2

Keterampilanyangdifokuskan     : Menulis dan Berbicara

Alokasi waktu                                  :  2 x 45 menit

Tema                                                 : Kehidupan Sekolah

Sub Tema                                                       : Kegiatan Yang Biasa Dilakukan Di Sekolah(Les activités à l’École)

Standar Kompetensi :

  • Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan Sekolah
  • Mengungkapkaninformasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialogsederhana tentang Kehidupan Sekolah.

KompetensiDasar      :

Menulis

  • Menulis kata, frasa, dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat (KD 4).
  • Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa  dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat (KD 4)

Berbicara

  • Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dan nyaring  dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
  • Melakukan dialog  sederhana dengan lancar dan nyaring  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

Indikator

I.             Kognitif

A.       Produk

Menulis

§  Mengungkapkan gagasan secara tertulis mengenai les activités à l’école (kegiatan di sekolah) dengan menggunakan struktur kalimat yang tepat.

§  Menulis  kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.

§  Menulis karangan yang bertemakan les activités à l’école (kegiatan di sekolah) dengan menggunakan kata kerja sehari-hari yang biasa dilakukan disekolah dalam bentuk présentdi dalamnya.

Berbicara

§  Menirukan ujaran dengan tepat

§  Menyampaikan informasi umum tentang les activités à l’école

B.       Proses

Menulis

  • Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan, dan tanda baca yang tepat tentang Kehidupan Sekolah : les activités à l’école.
  • Menggunakan kata kerja sehari-hari yang biasa dilakukan disekolah dalam bentuk présentdi dalamnya.

        Berbicara

  • Menyampaikan informasi secara rinci tentang Kehidupan Sekolah : les activités à l’école (kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah).

II.             Afektif  (mengembangkan perilaku sosial dan berkarakter)

  • Menceritakan Kehidupan sekolah dengan benar dan menarik
  • Memiliki kepercayaan diri untuk berekspresi secara lisan

III.             Psikomotor

  • Menuliskan gagasan mengenai Kehidupan Sekolah oleh masing-masing siswa yang meliputi les activités à l’école.
  • Menyampaikan secara lisan gagasan-gagasan yang telah ditulis mengenai les activités à l’ecole.

TujuanPembelajaran

I.     Kognitif

A.  Produk

Menulis

§  Siswa mampu mengungkapkan gagasan secara tertulis mengenai les activités à l’école (kegiatan di sekolah) dengan menggunakan struktur kalimat yang tepat.

§  Siswa mampu menuliskan  kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.

§  Siswa mampu menulis karangan yang bertemakan les activités à l’école (kegiatan di sekolah) dengan menggunakankata kerja sehari-hari yang biasa dilakukan di sekolah dalam bentuk présentdi dalamnya.

Berbicara

§  Siswa mampu menirukan dan mengucapkan ujaran dengan tepat

§  Siswa mampu mengungkapkan secara lisan gagasannya tentang les activités à l’école

B.  Proses

Menulis

  • Siswa mampu menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan, dan tanda baca yang tepat tentang Kehidupan Sekolah : les activités à l’école.
  • Siswa mampu menggunakan kata kerja sehari-hari yang biasa dilakukan di sekolah dalam bentuk présent.

        Berbicara

  • Siswa mapu menyampaikan informasi secara rinci tentang Kehidupan Sekolah : les activités à l’école (kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah).

II.      Afektif  (mengembangkan perilaku sosial dan berkarakter)

  • Siswa mampu menceritakan Kehidupan sekolah dengan benar dan menarik
  • Siswa memiliki kepercayaan diri untuk berekspresi secara lisan

III.   Psikomotor

  • Siswa mampu menuliskan gagasan mengenai Kehidupan Sekolah oleh masing-masing siswa yang meliputi les activités à l’école.
  • Siswa mampu menyampaikan secara lisan gagasan-gagasan yang telah ditulis mengenai les activités à l’ecole


MateriPelajaran

Le lundi, je vais à l’école avec mon ami. J’arrive dans la classe à 6h50. Mon professeur commence enseigner à 7h. Nous apprendrons le français pendant deux heures. À 10h, je lis un roman en mangeant à la cantine. Alors,  j’apprends la mathématique avec Monsieur Pierre. Je rentre à la maison à 12h et je fais mes devoirs.

Personel Enseigner Lire Ecrire Faire Arriver Aller Apprendre Rentrer
Je Enseigne Lis Ecris Fais Arrive Vais Apprends Rentre
Tu Enseignes Lis Ecris Fais Arrives Vas Apprends Rentre
Il/elle Enseigne Lit Ecrit Fait Arrive Va Apprendre Rentre
Vous Enseignez Lisez Ecrivez Faites Arrivez Allez Apprenez Rentrez
Nous Enseignons Lisons Ecrivons Faisons Arrivons Allons Apprenons Rentrons
Ils/elles Enseignent Lisent Ecrivent Font Arrivent vont apprennent Rentrent
SENSE Mengajar Membaca Menulis Melakukan Tiba Pergi Belajar Pulang

Model Pembelajaran

  • Model Pembelajaran : TravailindividualdanCooperative Learning
  • Pendekatan/ Metode/ Teknik Pembelajaran

o   Approche communicative

o   Présentation

Langkah-LangkahKegiatan

Kegiatan Guru

KegiatanSiswa

KegiatanAwal (10 menit)

  • Melakukan kegiatan apersepsi : menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sekolah
  • Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan : berbicara dan membaca tentang Kehidupan Sekolah
  • Menjawab
  • Menyimak

Kegiatan Inti (60 menit)

  • Eksplorasi

o  Membagikan teks

o  Meminta siswa mencermati teks

o  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca teksnya secara individual

  • Elaborasi

o  Membaca teks secara keseluruhan

o  membaca teks per kalimat

o  menanyakanKehidupan Sekolah:les activités à l’école sesuaidengan teks yang diberikan

  • Konfirmasi

o  Memintasiswamenceritakan kegiatan yang biasa ia lakukan di sekolah

  • Menerima teks
  • Mencermati teks
  • Membaca dan memahami isi teks
  • Menirukan secara individual
  • Beberapa  siswa diberikan kesempatan membaca secara nyaring. Sementara siswa lain ikut membaca secara lirih
  • Menjawab pertanyaan sesuai dengan wacana yang telah diutarakan
  • Menceritakan kegiatan yang biasa berlangsung disekolah

 

KegiatanPenutup (20 menit)

  • Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
  • Menanyakan ungkapan-ungkapan untuk menggambarkan kehidupan sekolah
  • Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai bahan remidi/pengayaan :
  • Menjawab
 

Evaluasi

1.      Tes tertulis : questions à réponses courtes et un petit paragraphe.

2.      Tes lisan :siswa mempresentasikan hasil tulisannya didepan kelas dengan lafal dan nyaring

 

LEMBAR KERJA SISWA

1.    Observez les images ci-dessous et répondez aux questions.

(Amatilah baik-baik gambar di bawah ini dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut)

Par example :   

 Qu’est-qui se passe?

Un professeur enseigne le cours mathématique à ses élèves.

1. Qu’est qui se passe?

2. Qu’est qu’il fait?

3. Qu’est-ce qu’elle fait ?

4. Qu’est-ce qu’ils faisant ?

II. Vous faites un petit paragraphe qui raconte les activités à l’école et vous utilisez les verbes : écrire, lire, apprendre, etc.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s